Halo wak genk,
Pada postingan kali ini aku mau kasih tips
awal untuk Excel, yaitu untuk operator standart perhitungan masal,
yaitu melakukan operasi matematika secara masal. Untuk kelen tau ni ya
wak genk, kan untuk operasi mate-matika standart itu kan tambah (+),
kurang (-), kali (x), dan bagi(/).
Untuk mempercepat perhitungan aku kasih tips standart penjumlahan yaitu dengan menggunakan fungsi SUM.Sebenarnya fungsi SUM dangan operator (+) itu sama namun SUM lembih mudah dan bisa melakukan penjumlahan secara masal secara cepat. Untuk jelas nya, cak kelen tengaok ni wak genk beda nya.
Untuk mempercepat perhitungan aku kasih tips standart penjumlahan yaitu dengan menggunakan fungsi SUM.Sebenarnya fungsi SUM dangan operator (+) itu sama namun SUM lembih mudah dan bisa melakukan penjumlahan secara masal secara cepat. Untuk jelas nya, cak kelen tengaok ni wak genk beda nya.
Gambar di atas kalo wak genk pake + untuk melakukan penjumlahan, ginilah ribetnya.
Padahal masih sikit, bayangkan kalo wak genk kerja di kantoran yang
bakal ngerjain data banyak, auto dipecat kayaknya kalo gunain cara ini.
Nah, kalo yang ini baru menggunakan funsi SUM, kalian rasakan ajalah bedanya.
Itu
tadi untuk penjulahan ya, Kalo untuk cari rata-rata data nya wak genk
bis ganti SUM dengan AVERAGE dengan susunan formula seperti di atas.
Berikut ini ya genk, beberapa fungsi yang paling umum digunakan untuk operasi massal di Excel
SUM
Fungsi rumus excel yang paling populer mungkin adalah rumus SUM. SUM ini MEMILIKI fungsi utama untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
AVERAGE
Rumus AVERAGE ini memiliki fungsi utama untuk mencari nilai rata – rata suatu variabel. Tentunya dengan menggunakan salah satu fungsi rumus excel ini, pekerjaan akan menjadi semakin mudah.
COUNT dan COUNTA
Fungsi COUNT adalah untuk jumlah cell yang terisi, Misal dalam sebuah tabel terdapat 12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi. Bedan COUNT dengan COUNTA yaitu COUNT mencari jumlah cell yang terisi berupa angka, sedankan COUNTA semua jenis format
MAX dan MIN
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terbesar dan terkecil dari cell yang do sorot. MAX untuk mencari nilai terbesar dan MIN untuk mencari nilai terkecil.
Fungsi rumus excel yang paling populer mungkin adalah rumus SUM. SUM ini MEMILIKI fungsi utama untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
AVERAGE
Rumus AVERAGE ini memiliki fungsi utama untuk mencari nilai rata – rata suatu variabel. Tentunya dengan menggunakan salah satu fungsi rumus excel ini, pekerjaan akan menjadi semakin mudah.
COUNT dan COUNTA
Fungsi COUNT adalah untuk jumlah cell yang terisi, Misal dalam sebuah tabel terdapat 12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi. Bedan COUNT dengan COUNTA yaitu COUNT mencari jumlah cell yang terisi berupa angka, sedankan COUNTA semua jenis format
MAX dan MIN
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terbesar dan terkecil dari cell yang do sorot. MAX untuk mencari nilai terbesar dan MIN untuk mencari nilai terkecil.
untuk penggunaannya sesuaikan seperti contoh gambar diatas.
Oke wakgenk, segitu dulu ya postingan kali ini, pahami pelajari ya wakgenk, tunggu tutorial dan trik-trik selanjutnya ya.
Terikamasih sudah berkunjung para wakgenk, sampai ketemu di postingan selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar